Wisata Air Panas Sanih Buleleng

 

Sahabat traveler’s, ada banyak Tempat Wisata Hits di Bali yang sangat terkenal dan sudah saya review sebelumnya untuk anda ketahui informasinya. Jika kita bertanya, selama ini apa sih Tempat Wisata di Bali yang Paling Terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh wisatwan dalam dan luar negeri, maka jawabannya sudah pasti bahwa Objek Wisata Pantai di Bali seperti Pantai Kuta Bali, Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua dan Pantai Tanjung Benoa adalah favoritnya.

Namun demikian tahukah anda bahwa saat ini banyak juga Tempat Wisata di Bali selian Pantai yang terus berkembang dan menjadi destinasi wisata baru di pulau dewata, diantaranya ada Tempat Wisata Air Terjun di Bali, Museum di Bali hingga objek wisata kekinian seperti Dream Museum Zone, IAM Bali hingga Circus Waterpark Kuta dll. Nah salah satu destinasi wisata baru di pulau bali selain pantai pasir putih dan juga populer sebagai Tempat Melihat Sunset di Bali, yang kini sedang nge-hit dan ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang liburan ke pulau seribu pura adalah tempat wisata pemandian Air Panas di Bali, dan salah satunya adalah Tempat Wisata Kolam Renang dan sekaligus Pemandian Air Panas Alami di dekat Singaraja yaitu Pemandian Air Panas Sanih Buleleng. Banyak hal menarik sekaligus unik termasuk Mitos dan Sejarah dari Pemandian Air Panas Sanih Singaraja ini yang wajib anda ketahui. Yuk langsung saja simak artikelnya dibawah ini.

  • Sejarah Air Panas Yeh Sanih

Sahabat traveler’s, ada yang menarik seputar Sejarah Tempat Wisata di Bali ini, dimana daya tariknya tidak kalah dengan Sejarah Pantai Pandawa maupun Sejarah Nusa Dua.

Traveler’s, berdasarkan tulisan kuno yang  diambil dari wikipedia, di Babad “Besi Mejajar”, “Air Sanih” yang juga disebut “Yeh Sanih”, ternyata merupakan kata yang diambil dari bahasa bali, dan berasal dari suku kata “ersania” yang artinya “kelod kangin” (Timur laut). Pada saat kerajaan Bulian, “ersania” dijelaskan adalah merupakan sebuah lokasi taman dengan kolam ( petirtaan ), dan dijaga oleh 20 orang. Nah konon ke 20 orang inilah yang kemudian hingga saat ini dikenal sebagai “krama desa linggih” atau “parlemen” nya dalam pemerintahan “Desa Adat Pakraman Yeh Sanih”, yang sekarang sering juga disebut sebagai Desa Enembelas atau Krama Desa Linggih”, karena jumlah mereka tersebut sekarang hanya tinggal 16 orang. Dan ke 16 orang inilah yang kemudian dikenal juga sebagai pemilik tanah “tegakan desa” (=sesuai yang dimuat dalam awig-awig/peraturan desa adat pakraman Yeh sanih).

  • Mitos Air Sanih Singaraja Buleleng

Sahabat traveler’s, selain Sejarah Pemandian Air Panas Buleleng Bali, ada hal menarik lainnya seputar objek wisata ini yaitu Mitosnya. Mitos Air Sanih yang diyakini adalah jika ada pasangan muda yang mandi di Kolam Yeh Sanih, maka Mitos yang diyakini adalah hubungan mereka akan abadi. Nah entah siapa yang memulai mitos seputar Air Panas Yeh Sanih ini, namun mitos ini nyatanya masih sangat dipercaya hingga saat ini.

  • Daya Tarik Tempat Wisata Pemandian Air Panas Sanih Bululeng Bali

Traveler’s, Kolam Renang Pemandian Air Panas Yeh Sanih di Buleleng Bali ini sudah ada dan dikenal warga sekitar sebagai destinasi wisata sejak tahun 1930. Ada banyak hal menarik sekaligus daya tarik wisata Air Yeh Sanih di Buleleng Bali ini selain Sejarah, Mitos hingga Cerita Legenda di Atas. Berikut daya tarik dari Wisata Pemandian Air Panas Sanih Buleleng ini

-Kolam Pemandian Air Panas Alami Dekat Pantai Bali
Sahabat traveler’s, pada umumnya tempat pemandian air panas di pulau bali biasanya bisa kita temukan di dataran tinggi pegunungan, Contohnya adalah Tempat Pemandian Air Panas di Kabupaten Tabanan Bali seperti Air Panas Belulang di Desa Mengesta Kecamatan Penebel, kemudian Tempat Pemandian Air Panas Penatahan yang ada di Desa Penatahan dan Air Panas Angseri yang ada di Banjar Munduk Angseri Baturiti Tabanan Bali. Dan satu lagi pemandian air panas di Kabupaten Bangli, yaitu Toya Devasya Natural Hot Spring yang berlamat di Kintamani, Desa Pekraman Batur.

Nah, setelah membaca tulisan ini, maka sekarang anda akan tahu bahwa ada ternyata di Bali ada tempat pemandian air panas dekat Pantai, yaitu Pemandian Air Panas Sanih Buleleng. Air Sanih sendiri bukan pemandian air panas satu – satunya di Buleleng Bali yang ada di dekat Pantai, karena ada Air Panas Banyuwedang dan Air Panas Banjar. Jika Pemandian Air Panas Banyuwedang lokasinya dekat dengan Pantai Banyuwedang, Maka Air Yeh Sanih Hot Spring ini lokasinya dekat Pantai Lovina.

-Tempat Wisata Di Buleleng Bali Yang Unik
Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata unik di Bali yang bisa kita temukan, beberapa diantaranya seperti Rumah Pohon di Karangasem, yaitu Rumah Pohon Temega, Nah setelah membaca postingan ini, kembali anda akan mengetahui satu dari banyak destinasi wisata unik yang ada di pulau bali, dimana air panas sanih di Buleleng yang lokasinya berada dekat pantai namun sumber mata air panasnya diyakini berasal dari Danau Batur yang jaraknya ratusan kilometer. Kolam Air Panas Sanih ini meskipun lokasi dekat pantai namun airnya tidak asin, namun nyatanya rasa air sanih ini adalah tawar, jauh dari rasa asin.

Nah cerita yang mendasarinya seperti apa ? di bawah ini cerita seputar Legenda, kenapa warga sekitar meyakini sumber air panas ini berasal dari danau batur.

-Sumber Mata Air Sanih

Sahabat traveler’s, untuk lokasi Sumber mata air sanih di buleleng Bali ini lokasinya berada di sebelah pojok tenggara kolam renang, tepatnya berada di bagian selatan dari kolam dewasa, di bawah pohon kamboja yang lokasinya dekat dengan sebuah pura tempat pemujaan Dewa Wisnu. Air yang ada di Kolam Yeh Sanih ini sangat menyegarkan, serta dijamin bisa memberikan kesejukan sumber mata air alami yang menyehatkan dan bagus untuk rileksasi. Tidak hanya itu saja, Sumber mata Air Sanih ini juga sering dipakai dalam upacara adat agama Hindu, dan sumber mata air asli ini disebut dengan Yeh Kelebutan.

-Legenda Air Panas Yeh Sanih Buleleng

Sahabat traveler’s, ada seputar cerita yang berkembang di masyarakat sekitar dan Bali pada umumnya, dan diyakini hingga sekarang. Konon legenda ini berawal dari kisah seorang bapak tua atau kakek – kakek yang kehilangan bebeknya yang sedang ia gembalakan di Danau Batur, dan anehnya setelah berselang beberapa hari kemudian, bebek dan penggembalanya si kakek tersebut, ternyata ditemukan di kolam Yeh Sanih.

-Tempat Wisata Keluarga Di Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Pemandian Air Panas Sanih Buleleng Bali ini sangat teoat jika anda kunjungi bersama keluarga, khususnya anak – anak. Di sini terdapat 2 jenis Kolam Renang yang disediakan, yang pertama untuk dewasa dengan kedalaman 1.5 meter, dan anak – anak kedalaman seukuran paha orang dewasa. Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik dan sekaligus daya tarik serta keunikan dari Pemandian Air Panas Sanih Buleleng Bali.

  • Harga Tiket Masuk Air Sanih Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang bertanya, berapa sih Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bali ini ? silahkan lanjut membaca di bawah ini. Traveler’s, setiap pengunjung yang datang dan masuk ke sini, akan dikenakan biaya Rp.10.000/orang ( Dewasa ) dan Rp.5.000/orang ( Anak – Anak ).

Catatan : HTM di atas bisa berubah sewaktu – waktu, untuk update informasinya, silahkan anda bisa menghubungi nomer kontak di bawah ini.

  • Nomer Telepon Pemandian Air Panas Sanih Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, untuk informasi harga tiket masuk air sanih terbaru, kegiatan acara atau reservasi tempat, silahkan hubungi 0821-4676-7776.

  • Jam Buka Objek Wisata Pemandian Air Panas Sanih

Sahabat traveler’s, waktu operasional tempat wisata pemandian air panas di desa sanih kubutambahan adalh setiap hari, mulai buka dari jam 08.00 – 18.00 WITA.

  • Fasilitas Wisata Pemandian Air Panas Sanih

Sahabat traveler’s, untuk berikan kenyamanan para wisatawan yang datang bermain atau berwisata di Kolam Renang Air Panas Alami Sanih, di dalam kawasan wisata Pemandian Air Panas Sanih sudah tersedia fasilitas wisata seperti Areal Parkirm, warung makan hingga loker tempat menyimpan barang bawaan anda. Tidak hanya itu saja, di sekitar tempat pemandian air panas Yeh Sanih juga tersedia banyak tempat penginapan dekat Air Sanih Buleleng Bali ini.

  • Hotel Dekat Kolam Renang Air Sanih Buleleng Bali

Traveler’s, berikut adalah tempat penginapan dekat Pemandian Air Panas Sanih Buleleng Bali yang bagus dan harga murah rekomendasi dari saya untuk anda.

-Hotel Tara Bar & Resto :inilah hotek dekat air sanih yang berlamat di jalan Air Sanih, Kubutambahan Buleleng Bali.
-Papaya Homestay          :inilah Homestay dekat pemandian air panas sanih yang berlamat di Jl.Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan.
-Air Sanih Beach Villa     :inilah Homestay yang lokasinya dekat dengan Kolam Renag Air Sanih dengan harga sewa kamar yang murah.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa fasilitas wisata yang ada di dalam dan di sekitar kolam renang atau pemandian air panas Yeh Sanih di Buleleng Bali. Bagaimana sejauh ini apakah anda tertarik untuk segera berkunjung ke sana ? jika iya, di bawah ini saya akan berikan rute jalan menuju ke sana.

  • Rute Jalan Menuju Kolam Renang Air Sanih Di Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, jika anda sudah melihat Peta/map lokasi Air Sanih di Google Map di atas, kang dian yakin anda pasti sudah mengetahui rute jalan yang harus dilewati. Yang pasti, anda bisa datang ke sana baik membawa kendaraan pribadi roda dua atau mobil, naik transporatasi umum atau sewa rental mobil dan motor di bali. Sebagai patokannya, dari arah mana pun anda berangkat, silahkan arahkan kendaraan anda untuk menuju ke lokasi Kota Singaraja. Jika anda dari singaraja atau anda telah berwisata ke Pantai Lovina Bali, arahkan kendaraan menuju ke timur melewati kota singaraja, dan perlu anda ketahui bahwa jaraknya hanya tinggal sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh berkendara sekitar kurang lebih setengah jam waktu perjalanan. Untuk memudahkan rute jalan secara detil, kang dian sangat sarankan, terlebih buat anda yang suka atau hobby traveling untuk menggunakan aplikasi Waze.

Nah sahabat traveler’s, itulah informasi seputar Objek wisata pemandian air panas sanih buleleng bali yang wajib anda ketahui sebelum mengunjunginya. Dan di bawah ini, saya juga mau berikan rekomendasi daftar tempat – tempat wisata di Kabupaten Buleleng Bali lainnya yang wajib dikunjungi.

  • Daftar Tempat Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali

Traveler’s, berikut adalah objek wisata yang bisa anda kunjungi selain Pemandian Air Panas Sanih di Buleleng Bali yang terkenal.

-Air Terjun Sekumpul              :inilah air terjun di Pulau Bali yang ada di Buleleng dimana menawarkan daya tarik wisata air terjun dengan ketinggian 100 meter.
-Air Terjun Gitgit                       :inilah Gitgit Waterfall yang eksotismenya tidak kalah dengan Air Terjun Kanto Lampo maupun Air Terjun lainnya di Bali
-Air Terjun Les Yeh Mampeh :inilah objek wisata air terjun di Buleleng Bali lainnya yang bagus dan menjadi lokasi wisata favorit para turis Asing.

  • Aamat Pemandian Air Panas Sanih Buleleng Bali

Traveler’s, alamat Tempat Pemandian Air Panas Sanih sendiri Lokasinya berada di Jl. Air Sanih, Kubutambahan, Bukti, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali 81172.

Jaraknya dari Tempat Wisata di Kabupaten Badung Terpopuler yaitu kawasan Tempat Wisata di Kuta, Tempat Wisata di Seminyak dan Tempat Wisata di Canggu sekitar 102 KM ( 3 Jam ). Sementara itu jarak dari kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Karangasem adalah 78 KM ( 2 Jam ), dan dari Tempat Wisata di Ubud Gianyar Bali 70 KM (2 Jam ).

Menyenangkan ya menikmati Pemandian Air Panas Sanih Bali ini. Pengalaman liburan di Pemandian Air Panas Sanih akan menjadi liburan yang mengesankan dan tak terlupakan untuk Kamu bersama keluarga dan teman-teman. Jadi tunggu apalagi? Yuk rencanakan liburan Kamu bersama kelurga dan teman-teman.
Happy Traveling!