Wisata Padang Bunga Kasna

 

Sahabat traveler’s, Ada banyak Tempat Hits di Bali 2019 yang sangat populer dan selama ini menjadi destinasi wisata favorit banyak wisatawan yang liburan di pulau dewata, dan objek wisata alam Pantai di Bali yang menawarkan banyak tempat dan ragam pesona wisatanya, masih menjadi tujuan favorit atau primadona wisata dari pulau seribu pura ini. Mulai dari pantai Tempat Melihat Sunset di Bali yang romantis seperti Pantai Kuta, kemudian pantai bali sebagai pusat watersport Pantai Tanjung Benoa, hingga pantai favorit lokasi diving/snorkeling Pantai sekitar Pulau Menjangan ( Taman Nasional Bali Barat ), dan pantai tempat surfing Pantai Keramas dan Balian Beach. Namun demikian saat ini banyak dan mulai berkembang juga sejumlah Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang kehadirannya mampu menjadi Objek Wisata Baru di Bali yang langsung ngehits, mulai dari taman wisata air Waterbom Bali dan Splash Waterpark Bali, Museum di Bali 3 Dimensi IAM Bali, Tempat sulap Kuta Theatre Magic hingga wahana dunia terbalik Upside Down World Bali dll.

Dan pada artikel ini akan menambahkan satu lagi objek wisata baru dan sedang ngehits di bali selain pantai, dimana menawarkan eksotisme keindahan alam di dataran tinggi pegunungan Bali, yaitu sebuah Taman Bunga di Bali atau Padang Bunga di Bali yang lokasinya berada di bawah kaki gunung agung, tepatnya di desa temukus Karangasem Bali, Padang Bunga Kasna. Ingin tahu informasi selengkapnya tentang Padang Bunga Kasna temukus ini,Yuk Langsung saja simak artikel tentang Wisata Padang Bunga Kasna Tembukus dibawah ini.

  • Daya Tarik Wisata Padang Bunga Kasna

Sahabat traveler’s, sebenarnya Bunga Kasna ini adalah merupakan sebuah jenis tanaman bunga yang hidup secara liar dan tumbuh di sela – sela bebatuan yang ada di kaki gunung agung bali. Namun karena keindahan bunga yang warnanya putih ini, lantas masyarakat Desa Temukus membudidayakan dan memanfaatkannya untuk salah satu pelengkap sesajen ritual ibadah umat hindu. Selain bunga kasna, warga Desa Temukus juga ada yang membudidayakan bunga gemitir dan juga menjadi lokasi Kebun Bunga Matahari di Bali. Baiklah untuk lebih tahu, daya tarik wisata apa saja yang bisa anda temukan dan dapatkan ketika mengunjungi kebun bunga kasna di Desa Temukus, berikut daya tarik Wisata Padang Bunga Kasna.

-Hanya Tumbuh Di Kaki Gunung Agung
Sahabat traveler’s, daya tarik wisata Padang Bunga Kasna yang pertama adalah ternyata bunga berwarna putih nan cantik ini hanya tumbuh di kawasan kaki gunung agung di Bali saja, hal tersebut pernah dibuktikan oleh beberapa orang yang sengaja mau mencoba menanam bunga kasna asal Desa Temukus ini di daerah lain, dan hasilnya mati !!. Bunga Kasna bisa tumbuh baik dan subur di daratan tinggi pegunungan yang udaranya sangat sejuk, dan selama ini telah dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dibudidayakan. Keberadaan padang Bunga Kasna ini kenapa bisa tumbuh subur dan sekaligus menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar, diyakini warga sebagai berkah dari dewa untuk mereka. Dan untuk waktu panen Bunga Kasna atau Bunga Edelweis Bali ini sendiri dilakukan setiap 6 bulan sekali, tepatnya sebelum perayaan hari raya umat hindu Bali yaitu Hari Raya Galungan dan Kuningan. Bunga – bunga tersebut dipetik dan kemudian dijual kepada masyrakat hindu bali untuk digunakan sebagai pelengkap sesajian pada ritual peribadatan menyembah Sang Hyang Widi.

Sahabat traveler’s, selain Bunga Edelweis Bali, di kawasan kebun Bunga Kasna di Desa Temukus Karangasem ini juga ditanam beberapa jenis bunga lainnya yaitu Bunga Gemitir dan Bunga Matahari, sehingga banyak wisatawan juga yang menyebut kebun Bunga Gemitir di Karangasem Bali ini dengan julukan Taman Gemitir Temukus,  dan satunya lagi Kebun Bunga Matahari di Bali.
-Bunga Keberkahan Peberian Dari Dewa
Sahabat traveler’s, ada cerita yang sangat menarik seputar Sejarah keberadaan Padang Bunga Kasna ini bisa tumbuh subur di kawasan desa Temukus Karangasem Bali, dijamin sejarah adanya Bunga Edelweis bali atau Bunga Kasna di Desa Temukus ini semenarik dengan cerita Sejarah Pantai Pandawa, Sejarah Pura Tanah Lot hingga Sejarah Pantai Nusa Dua.Menurut cerita yang masih diyakini oleh warga sekitar, konon Bunga Kasna atau Bunga Edelwise ini adalah merupakan hadiah pemberiaan dari dewa. ada pun Asbabul Nuzul atau ceritanya berawal pada zaman dulu kala, masyarakat sekitar meminta kepada Sang Hyang Widi akan sesuatu yang sangat indah kepada mereka, dan akhirnya permohonan mereka pun dikabulkan oleh dewa, dengan sereta merta secara tiba – tiba muncul di hadapan mereka bunga berwarna putih nan cantik dan indah dilihatnya. Nah sesudah mendapatkan bunga putih cantik dan indah tersebut, kemudian warga sekitar segera membawa bunga ini dan menanamnya di areal tanah tepat di bawah kaki Gunung Agung.

-Bunga Tetap Wangi Meski Kering
Sahabat traveler’s, adanya keterikatan cerita atau mitos yang diyakini oleh warga desa temukus yang meyakini bahwa bunga kasna ini adalah berkah pwmberian dari dewa buat mereka, memang ada benarnya !! Kenapa bisa demikian ? Karena bunga kasna ini memiliki ciri khusus berupa aroma bunganya akan tercium sangat wangi sekali, dan yang lebih uniknya adalah wangi aroma dari bunga di padang bunga kasna ini tidak hanya bisa dirasakan wanginya saat masih bunga ini masih segar, namun juga dalam kondisi sudah kering !

-Tempat Wisata Di Bali Yang Instragramable
Sahabat traveler’s, ada hal menarik lainnya yang wajib anda tahu seputar sejarah padang Bunga Kasna di Desa Temukus Karangasem Bali ini bisa terkenal seperti sekarang, ternyata ceritanya berawal sejak ada beberapa orang Pendaki Gunung Agung yang melintasi desa tersebut dan tertarik dengan keindahan hamparan Bunga Kasna yang ditanam warga Temukus. Para pendaki gunung itu pun kemudian berfoto dengan background ladang Bunga Kasna yang ditanam warga Desa Temukus, dan kemudian menguploadnya di Instagram.

Nah diyakini setelah banyaknya beredar Gambar – Gambar Foto Bunga Kasna di Desa Temukus Karangasem di jaring sosial media Instagram tersebut itulah, banyak warga netizen yang tertarik dan pensaran dengan keindahan bunga berwarna putih nan cantik dan indah di lihat di dunia maya ini, akhirnya datang mengunjungi padang Bunga Kasna di desa ini, dan hingga saat ini semakin hari jumlah pengunjung semakin banyak, baik itu berasal dari warga sekitar karangasem dan Bali juga wisatawamn asal luar Pulau Bali atu daerah lain.

Nah lalu bagaimana dengan anda sahabat traveler’s ? Apakah anda juga tertarik untuk datang mengunjungi ladang Bunga Edelweis Bali di Desa Temukus ini ? Jika iya, sebelum menuntaskan rasa penasarannya, berikut sedikit info penting yang harus anda perhatikan saat mengunjungi objek wisata desa temukus di karangasem bali ini.

  • Tips Wista Ke Padang BUnga Kasna

Sahabat traveler’s, dengan semakin banyaknya jumlah wisatawan atau pengunjung yang datang ke Desa Temukus Karangasem untuk melihat keindahan padang Bunga Kasna, maka warga desa temukus telah memutuskan untuk mengelola dan membuat aturan bagaimana cara menerima tamu yang datang ke sana dengan lebih baik dan tertib, hal tersebut disebabkan seringnya kejadian yang dilakukan oleh pengunjung sebelumnya yang datang dan masuk ladang Bunga Edelweis atau padang Bunga Kasna di Desa Temukus ini tanpa izin, yang salah satu akibatnya adalah ladang Bunga Kasna ini menjadi rubuh dan menjadi rusak karena terinjak – injak oleh kaki para pengunjung yang datang di sana.

Nah sejak kejadian itulah, selanjutnya warga Desa Temukus akhirnya membuat aturan baru bagi setiap pengunjung yang mau melihat padang Bunga Kasna harus melewati satu pintu masuk, salah satu cara untuk itu adalah dengan memagari areal kawasan ladang bunga edelweis bali atau bunga kasna, serta mereka akan mendampingi setiap pengunjung yang masuk ke ladang bunga. Hal lainnya yang wajib anda perhatikan saat berada di padang Bunga Kasna di Desa Temukus Karangasem Bali ini adalah pastikan selama dan sebelum pulang jangan meninggalkan sampah.

  • Harga Bunga Kasna Di Desa Temukus Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, bagi setiap orang yang datang ke sini sudah hampir dipastikan karena keindahan Bunga Kasna yang berwarna putih bersih nan cantik ini pasti ingin memilikinya, nah lalu timbul pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh calon wisaatawan, apakah kita bisa membeli bunga yang di petik langsung di Padang Bunga Kasna ini ? jawabannya sudah tentu saja bisa ! Dan harga bunga edelweis segar yang dipetik langsung saat panen di padang Bunga Kasna Desa Temukus Karangasem Bali adalah Rp.5.000 (3 Batang ).

  • Harga Tiket Masuk Padang Bunga Kasna

Sahabat traveler’s, anda sedang mencari Tempat Wisata di Bali yang Gratis ? Jika iya, silahkan anda bisa mengunjungi tempat wisata di lereng Gunung Agung Bali, padang Bunga Kasna. namun demikian, meskipun setiap pengunjung yang datang tidak dikenakan Tiket Masuk Ladang Bunga Kasna, namun alangah bijaknya jika kita berikan uang tips buat warga, kenapa demikian ? Karena merekah yang selama ini mengelola dan merawat bunga – bunga tersebut dan kemudian menjadikan tempat ini menjadi destinasi wisata yang bisa kita nikmati keindahannya. untuk harganya sendiri tidak dipatok berapa besarnya, yang penting disesuaikan saja dengan kemampuan dan jasa mereka, idealnya uang besar uang tips mulai dari Rp.10.000/orang.

  • Waktu Operasional Objek Wisata Padang Bunga Kasna

Waktu ramai dimana banyak wisatawan yang mengunjungi ladang bunga kasna di desa temukus rendang karangasem bali ini adalah mulai dari jam 06.00 hingga pukul 17.00 WITA.

  • Lokasi Padang Bunga Kasna Temukus Karangasem Bali

Sahabat traveler’s, alamat Padang Bunga Kasna sendiri lokasinya berada di Desa Temukus Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863.

Lokasinya berjarak sekitar 58 KM dari kawasan Tempat Wisata di Denpasar, dan 66 KM dari arah kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Badung Terpopuler, yaitu Tempat Wisata di Kuta serta Tempat Wisata di Seminyak dan Tempat Wisata di Canggu. Lalu lokasinya berjarak sekitar 35 KM dari kawasan Tempat Wisata di Kabupaten Gianyar Bali terpopuler yaitu kawasan Tempat Wisata di Ubud. Selanjutanya berjarak 67 KM dari kawasan Tempat Wisata di Tabanan terpopuler sepertu Bedugul Bali, dan 24 KM dari kawasan Wisata Kintamani di Kabupaten Bangli.

Wisata Padang Bunga Kasna di Bali, bisa jadi destinasi liburan murah namun mewah yang menyenangkan. Warna cerah dari Bunga Kasna, cantik sekali untuk diabadikan ke dalam sebuah foto. Yuk! Jika ada agenda liburan untuk ke Bali, mampir ke sini! Jangan lupa siapkan outfit terbaik ya!
Happy Travelling!