Wisata Pura Luhur Uluwatu

Sahabat Traveler’s, ada banyak Tempat Wisata Hits di Bali yang bisa kita kunjungi atau dijadikan destinasi liburan kita, Mulai dari Objek wisata alam pantai di bali yang menjadi jadi favorit sudah sangat mendunia, hingga objek wisata selain pantainya seperti, Tempat Wisata di Ubud Bali dimana ada Bukit Campuhan, Monkey Forest Ubud, Sawah Terasering Tegalalang, Bali Bird Park, Arung Jeram Sungai Ayung, Kemudian ada juga museum di ubud seperti Museum Arma, Museum Neka, Museum Puri Lukisan Ubud hingga Museum Blanco Renaissance, Atau objek wisata alam berupa air terjun di kabupaten Buleleng yang terkenal seperti Air Terjun Nungnung, Air Terjun Gitgit dan masih banyak yang lainnya.

Nah salah satu Objek wisata di Bali selain Pantai yang sangat terkenal lainnya adalah objek wisata yang menawarkan sisi religius masyrakat pulau dewata, Yaitu Tempat Peribadahan Umat Hindu yang mayoritas menjadi agama masyarakat di Pulau Bali, yaitu Pura. Nah salah satu Pura di Bali yang sangat terkenal dan kesohor namanya hingga ke mancanegara dan akan kang dian review sekarang adalah Pura Luhur Uluwatu Bali. Ingin tahu informasi selengkapnya tentang Pura Luhur Uluwatu ini, Yuk langsung saja simak artikelnya dibawah ini.

  • Daya Tarik Wisata Pura Luhur Uluwatu Bali

Sahabat traveler’s, setiap tempat wisata di bali memiliki dan menawarkan daya tarik serta keunikannya sendiri – sendiri, Nah begitu pun dengan Pura Uluwatu, dimana tempat ini menawarkan sejuta pesona wisata yang tidak bisa anda temukan di lokasi wisata bali lainnya, Termasuk berbeda dengan daya tarik salah satu review saya akan salah satu Pura yang ada di Ubud Bali yaitu Pura Taman Saraswati Ubud. Berikut daya tarik wisata Pura Luhur Uluwatu

-Asal Usul Nama Pura Luhur Uluwatu Bali
Sahabat Traveler’s, Pura Uluwatu diyakini masyarakat hindu Bali sebagai salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga dari 9 mata angin pulau Bali. Pura Luhur Uluwatu berada di ujung sebelah barat daya pulau Bali, tepatnya di atas anjungan batu karang yang terjal serta tinggi dan menjorok ke laut. Dan titik dimana Pura ini berada di atas batu karang, ketinggiannya kurang lebih sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Nah karena pura ini terletak berada di atas tebing batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sangsekerta berarti puncak batu karang. Lalu daya tarik wisata Pura Luhur Uluwatu Bali itu seperti apa ? berikut daya tarik dari wisata ini.

-Pura Di Bali Yang Disucikan Dan Disakralkan
Sahabat traveler’s, menurut catatan sejarah, Pura di Bali ini awalnya digunakan sebagai tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke 11 yang bernama Empu Kuturan. Perlu anda ketahui bahwasanya Empu Kuturan ini adalah orang yang menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Periode selanjutnya, Pura ini kemudian digunakan juga untuk memuja salah seorang pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, Beliau datang ke daratan pulau Bali pada sekitar akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya tersebut dengan Moksa atau Ngeluhur di tempat ini. Nah dari ini pulalah, yang kemudian Pura di bali ini juga sering dinamakan dengan sebutan nama Pura Luhur Uluwatu.

Traveler’s, Pura Uluwatu sendiri ternyata tidak berdiri sendiri, Pura ini mempunyai beberapa pura pesanakan atau pura yang terhubung dengan pura induk. Pura Pesanakan Pura Luhur Uluwatu Bali itu antara lain Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Nah masing – masing nama Pura – Pura Pesanakan tersebut di atas mempunyai hubungan yang erat dengan Pura Uluwatu, khususnya pada hari-hari piodalan. Piodalan di Pura Luhur Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Dan ritual keagamaan tersEbut dilakukan sebagai penyembahan kepada Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra.

-Pura Di Bali Yang Sangat Eksotis
Sahabat traveler’s, Pura Uluwatu Bali tidak hanya menawarkan sebuah pura dengan suasana yang sakral dan religius saja, Akan tetapi Pura Luhur Uluwatu Bali ini juga menawarkan sisi eksotisme dan romantisme pemandangan alam yang sangat indah serta unik.

Traveler’s, Berbeda dengan panorama alam yang bisa kita saksikan di Objek Wisata Pura Tanah Lot, para pengunjung yang mengunjungi Pura Luhur Uluwatu Bali ini akan disuguhi keindahan pemandangan hamparan Samudra india seluas mata memandang, tidak hanya itu saja, gelombang ombaknya yang besar juga, menciptakan sensasi keindahan lain saat ombaknya menghantam kaki tebing karang, meski tak seindah terjangan ombak yang mengantam tebing karang dan menciptakan semburan air seperti payung objek wisata Water Blow. Eksotisme Pura ini semakin indah dimana di bagian depan pura terdapat kawasan hutan kecil yang disebut alas kekeran, yang berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

-Tempat Melihat Keindahan Sunset Di Bali
Traveler’s, apakah anda pernah menikmati pesona keindahan saat matahari terbenam di Pantai Kelan atau Eksotisnya Sunset di Tanah Lot Bali ? Nah jika iya, satu lagi tempat wisata alam di bali yang bagus sebagai lokasi tempat melihat Sunset adalah ada di Pura Luhur Uluwatu Bali.Di sini, kita bisa juga menyaksikan keindahan panorama moment matahari terbenam dengan leluasa tanpa terhalang apa pun.

-Tempat Surfing Di Bali Yang Terkenal
Traveler’s, Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya terdapat nama sebuah pantai di bali yang terkenal bernama Pantai Uluwatu. Gelombang ombak samuera hindia yang berarus kuat dan gelombangnya yang tinggi, menjadikan pantai ini bagus sebagai tempat berselancar. Bahkan kawasan Pantai dekat Pura Luhur Uluwatu Bali ini sering kali digunakan sebagai lokasi tempat untuk olahraga surfing, Eventnya tidak hanya skala kejuaran lokal dan nusantara saja, namun sudah jadi langganan penyelenggaaraan even kejuaraan selancar internasional. Ombak Pantai Uluwatu ini terkenal sangat ideal sebagai tempat untuk dijadikan lokasi surfing selain keindahan alam Bali yang sangat menawan.

-Tempat Pertunjukan Tari Kecak Di Bali
Sahabat traveler’s, selain daya tarik arsitektur dan Sejarah Pura Luhur Uluwatu Bali yang sangat eksotis, keindahan alam yang elok dengan Sunsetnya, Tahukah anda bahwa Pura Uluwatu di desa Pecatu Kuta Selatan Bali adalah merupakan salah satu lokasi Tempat menonton pertunjukan tari kecak di Bali ? Dan apakah anda tahu juga Sejarah, Fungsi dan Makna, Tata Busana dan Jumlah Penari Tarian Kecak di Pura Luhur Uluwatu itu berapa ?

Sahabat Traveler’s, Tari Kecak sendiri adalah merupakan sebuah seni tarian khas Bali yang biasanya mengangkat cerita mengenai Ramayana. Pementasan Tarian Kecak ini biasanya dimainkan oleh kaum laki-laki dengan busana kotak catur, dan dimainkan dengan melibatkan banyak peserta dari puluhan hingga ratusan, dan pertunjukan Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu Bali ini biasanya dimainkan dengan jumlah penari antara 50 hingga 100 penari.

Ciri khas Tari Kecak ini adalah para penarinya duduk berbaris melingkar dan mereka bersahutan meneriakan “cak” sambil mengangkat kedua tangan, Dan hal tersebut mengisahkan atau menggambarkan kisah cerita Ramayana ketika melawan Rahwana dengan dibantu pasukan kera atau monyet. Traveler’s, tarik Kecak diciptakan pada tahun 1930 oleh Wayan Limbak dengan pelukis asal Jerman Walter Spies dan kemudian mempopulerkannya dengan berkeliling dunia.

Nah sahabat traveler’s, itulah sedikit dari daya tarik wisata Pura Uluwatu Bali yang bisa saya jelas kepada anda, Untuk daya tarik wisata di Pura Uluwatu Bali lainnya, sudah tentu anda akan bisa menikmatinya langsung saat nanti berwisata di sana.

  • Jadwal Pementasan Tarian Kecak Di Pura Luhur Uluwatu Bali

Traveler’s, Jadwal waktu pertunjukan tari kecak di pura uluwatu adalah setiap hari, namun libur saat waktu nyepi dan pengerupukan. Untuk waktu show Tari kecak di Pura Uluwatu Bali ini adalah mulai dari Pukul 18.00 – 19.00 WITA, dengan durasi 60 menit.

  • Harga Tiket Menonton Pertunjukan Tari Kecak Di Pura Luhur Uluwatu Bali

Traveler’s, untuk bisa menikmati pertunjukan tari kecak di alam terbuka ( outdoor ) yaitu di tepi pantai bali yang indah ini, maka setiap pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.100.000/ orangnya ( Diluar Harga Tiket Masuk ke Pura Uluwatu Rp.35.000/orang ).

  • Tips Wisata Melihat Tari Kecak Di Pura Uluwatu Bali

Traveler’s, untuk kenyamanan anda menikmati pertunjukan tarian kecak di Pura Uluwatu ini, maka perhatikan hal – hal penting berikut.

Yang pertama, usahakanlah datang dan masuk ke lokasi lebih awal ( sekitar jam 4 sore ), dengan tujuan untuk dapatkan tempat duduk dengan view ke pantai.
Yang Kedua, wajib anda perhatikan saat datang ke tempat ini barang – barang berharga disimpan di tas, hindari ulah jahil para monyet yang banyak di sini.
Yang ketiga, untuk mendapatkan harga tiket menonton pertunjukan tari kecak yang lebih murah ( Sekitar Rp.85.000 ),maka belilah secara online !

  • Fasilitas Wisata Pura Luhur Uluwatu Bali

Traveler’s, di sekitar objek wisata Pura Uluwatu juga sudah tersedia banyak sekali fasilitas wisata untuk kenyamanan wisatawan. Contohnya bagi sobat yang tidak membawa bekal makanan maupun minuman saat datang ke sini, kita tidak perlu khawatir, Sebab di sekitar kawasan Pura Uluwatu terdapat banyak pusat kuliner mulai dari warung makan sederhana hingga sejumlah resto dan cafe, yang menjual makanan dan minuman serta menyajikan aneka menu kuliner berupa makanan atau minuman dengan harga yang bervariasi. Sementara itu, bagi kita yang ingin menginap di sekitar kawasan objek wisata Uluwatu, tersedia juga banyak penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari kelas melati, villa, Guest House, Home Stay hingga hotel berbintang, yang daftarnya bisa anda lihat di bawah.

  • Harga Tiket Masuk Pura Luhur Uluwatu Bali

Traveler’s, bagi anda yang bertanya berapa sih Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Bali yang satu ini, berikut informasinya. Setiap pengunjung yang akan memasuki kawasan Objek Wisata Pura Luhur Uluwatu Bali ini akan dikenakan tarif sebagai berikut :

Dewasa :Rp.20.000 (Domestik) & Rp.30.000 (Turis Asing)
Anak      :Rp.10.000 (Domestik) & Rp.20.000 (Turis Asing)

Sementara untuk harga tiket parkir kendaraan di Pura Luhur Uluwatu Bali adalah Rp.5.000/mobil.

  • Tempat Wisata Di Dekat Sekitar Pura Luhur Uluwatu Bali

Sahabat traveler’s, Pecatu sebuah kawasan dimana Pura Uluwatu berada dan merupakan sebuah wilayah Kecamatan Kuta Selatan. Jika bicara seputar Tempat Wisata di Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, maka jelas sangat banyak sekali yang bisa kita kunjungi. Dan mereka tersebar di 6 desa yang ada di wilayah kecamatannya seperti Pecatu, Ungasan, Kutuh, Benoa, Tanjung Benoa dan Jimbaran. Dan berikut objek wisata di dekat Pura Luhur Uluwatu di desa Pecatu yang bisa anda kunjungi saat anda liburan mengunjungi Bali,

-Objek Wisata Di Pecatu Bali
Sahabat traveler’s, objek wisata di Pecatu Bali lainnya selain Pura Luhur Uluwatu Bali yang terkenal dan wajib anda kunjungi adalah, Yang pertama adalah sejumlah Objek wisata alam pantai indah di desa pecatu kuta selatan seperti, Pantai Bingin, Pantai Padang Padang atau Labuan Sait, Pantai Suluban Blue Point, Pantai Dreamland, Pantai Balangan, Pantai Nyang Nyang dll

-Objek Wisata Di Jimbaran Bali
Sahabat traveler’s, berikut adalah objek wisata dekat Pura Uluwatu yang ada di desa Jimbaran Bali yang wajib anda ketahui, Pertama ada Pantai Jimbaran, Pantai Tegal Wangi dan Pantai Muaya Jimbaran,

-Objek Wisata Di Kutuh Bali
Traveler’s, objek wisata di sekitar Pura Luhur Uluwatu selanjutnya adalah tempat wisata yang ada di Desa Kutuh Kuta Selatan Bali, diantaranya ada Pantai yang terkenal dengan Sejarah Pantai Pandawa nya dan Pantai Gunung Payung.

-Objek Wisata Di Ungasan Bali
Traveler’s, di dekat tempat wisata di desa pecatu juga terdapat sejumlah objek wisata di desa Ungasan bali terkenal seperti, Pantai Melasti, Pantai Green Bowl Bali Cliff Ungasan, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana,

-Objek Wisata Di Benoa Bali
Traveler’s, di kelurahan Benoa ini banyak terdapat objek wisata terkenal dekat Pura Luhur Uluwatu Bali yang terkenal seperti, Pantai di Nusa Dua yang terdiri dari beberapa nama pantai indahnya seperti Pantai Geger, Pantai Sawangan, Pantai Mengiat dan Pantai Samuh hingga Museum Pasifika.

-Objek Wisata Di Tanjung Benoa Bali
Traveler’s, berikut daftar objek wisata di kelurahan tanjung benoa kuta selatan bali yang dekat dengan pura uluwatu, Diantaranya ada Pantai Tanjung Benoa yang populer dengan olahraga airnya Tanjung Benoa Watersport, Bali Parasailing Adventure dan Sea Walker, selain itu ada juga Pusat Penangkaran Penyu Hijau dan Binatang langka lainnya, Hutan Mangrove Tanjung Benoa dan yang lainnya.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat banyak bukan objek wisata yang ada di wilayah kecamatan Kuta Selatan dekat Pura Luhur Uluwatu Bali ? Nah selanjutnya saya juga mau bagikan informasi lainnya seputar Tempat Penginapan Murah Dekat Pura Uluwatu Bali.

  • Penginapan Murah Dekat Pura Luhur Uluwatu Bali

Sahabat traveler’s, berikut ini adalah daftar beberapa jenis penginapan murah dekat pura uluwatu yang murah dan bisa anda jadikan tempat menginap,

1.Jepun Bali Homestay  :inilah Homestay Murah dekat Pura Uluwatu yang berjarak kurang dari 2 KM, dengan harga sewa mulai Rp.171.942.000/malam
2.Trege Surf Camp          :inilah Hotel Murah dekat Pura Uluwatu Bali berjarak sekitar 1.28 KM, dengan tarif sewa kamar permalam mulai Rp.185.000.
3.Uluwatu White Sands :inilah Hotel Murah dekat Pura Lhur Uluwatu berjarak sekitar 1 KM, dengan harga sewa kamar mulai Rp.206.000/malam
4.Sandat Mas Cottages  :inilah Cottage Murah dekat pura uluwatu bali yang berjarak kurang dari 1 KM, dengan tarif sewa kamar mulai Rp.211.000/malam.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa rekomendasi penginapan murah di sekitar pura luhur uluwatu yang bagus, murah dan aman ditinggali.

  • Alamat Pura Luhur Uluwatu Bali

Sahabat Traveler’s, alamat Pura Luhur Uluwatu sendiri berlokasi di desa Pecatu, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Nah, seru bukan berwisata menikmati keindahan alam samudera dipadu dengan cerita rakyat dan  sejarah ditambah dengan kekayaan budaya dan keagamaan di Pura Luhur Uluwatu Bali. Yuk, rencanakan perjalanan Kamu bersama teman dan keluarga menyaksikan dan menikmati keindahan dan eksotisnya Pura Luhur Uluwatu Bali Indonesia.
Happy Traveling!